Berhenti Bicara Sebentar

Saya baru tahu bahwa manusia perlu berhenti bicara sebentar untuk mendengar lebih banyak lagi.


Mungkin hobi manusia memang berbicara. Saya mungkin berpikir begitu karena mencari seorang pendengar yang baik adalah hal langka belakangan ini. Saya terlibat dalam kelompok-kelompok--kumpulan manusia yang di dalamnya membahas banyak hal. Tentang cinta, cita-cita, hal remeh-temeh dan bahasan-bahasan sepele yang mungkin tidak penting untuk kelompok lain. Saya, dia, kita pasti berbicara. Karena tidak ada pembahasan kalau tidak ada yang berbicara.

Tapi dalam pembahasan-pembahasan itu, saya satu waktu ditempatkan pada satu titik di mana saya 'tidak  bicara' dan hanya mendengar. Saya pikir itu akan sulit tapi ternyata berakhir menyenangkan.  Ada banyak hal yang baru saya tahu terutama tentang mendengar lebih dalam dan mendapat lebih banyak.

Saya baru tahu kalau mendengar satu teman bicara bisa menyadarkan saya bahwa pelan-pelan waktu membawa pembahasan-pembahasan baru untuk hidup setiap manusia. Bahwa yang biasa kita bicarakan dengan orang yang sama (teman), sekarang mulai berubah. Yang tadinya bukan bahasan kita, sekarang jadi milik kita. 

Saya baru tahu kalau mendengar orang asing di tempat kita duduk bisa membuat saya membaca bagaimana seseorang berpikir tentang hidupnya. Bahwa saya mungkin tidak punya teman seperti dia tapi saya sudah belajar jika suatu hari nanti saya bertemu dengan yang seperti dia.

Saya juga baru tahu kalau mendengar omongan orang lain bisa menyadarkan saya bahwa sekarang saya hidup dengan orang-orang hebat. Bahwa selama ini saya terlalu banyak bicara sampai saya lupa bagaimana hebatnya orang-orang di samping saya. Yang ternyata lebih dari sekedar bertahan tetapi juga berkorban.

Memang benar. Ada waktu di mana manusia berada dalam waktu-waktu penuh keterpaksaan. Termasuk terpaksa mendengar. Tetapi sebenarnya, di momen itu manusia beruntung. Karena artinya kita akan belajar untuk berhenti bicara sebentar lantas mendengar lebih banyak lagi
Belajar lebih banyak dalam lagi.


Comments

Popular Posts