PRIHAL : Andra Matin


Another short strolling around Jakarta : coming to Pameran Arsitektural Andra Matin 
(PRIHAL 1998-2019)

Setelah sekian lama tidak ke Galeri Nasional, akhirnya saya kembali ketika diberitahu seorang teman bahwa Andra Matin sedang melakukan pameran hasil karyanya sebagai arsitek selama dua puluh satu tahun. To be honest, saya mulai tahu namanya saat kuliah dulu tapi tidak begitu ingat karena memang tidak banyak berhubungan dengan karya-karyanya. Ingatan saya tentang Andra Matin diulang kembali ketika saya berkunjung ke Banyuwangi dan berbincang dengan beberapa rekan kerja mengenai Andra Matin.


PRIHAL membawa penikmat karyanya melintasi satu lorong kayu untuk menyaksikan perjalanan karya Andra Matin sejak 1998-2019. Pengunjung bisa melihat satu demi satu hasil karya yang dominan hitam, putih, cokelat dan hijau. Dengan sentuhan kaku dan sederhana, karya-karya Andra Matin memang menunjukkan ketenangan tersendiri.


Ada banyak karya dipamerkan tapi setiap pengunjung punya kesukaannya masing-masing. Saya, menyukai desain Bandara Banyuwangi yang dibuat tahun 2013 oleh Andra Matin. Salah satu karya yang unik untuk sebuah bandara.


Dalam PRIHAL, ada beberapa bagian : PRIHAL JAKARTA, PRIHAL KOTA-KOTA LAIN, PRIHAL MATERIAL, PRIHAL BENTUK, PRIHAL SEHARI HARI dan PRIHAL YANG BERULANG. Dua PRIHAL yang terakhir adalah pameran yang menunjukkan studio tempat bekerja seorang arsitek lengkap dengan ambience-nya. 


To be honest, datang ke pameran PRIHAL ini menjadi obat rindu untuk saya yang sudah lama tidak berurusan dengan dunia per-arsitekturan tapi masih punya kesenangan besar untuk menikmati karya-karya para arsitek di berbagai sudut dunia. Vibe yang diciptakan berhasil mengulang memori-memori lama yang masih tersimpan. 

Comments

Popular Posts