Workshop Block Printing @tropisid x @seratanstudio

Satu minggu melewati work from home akibat pandemi dunia yang sedang mewabah dan #dirumahaja untuk memutus rantai Covid-19, ternyata pergi ke luar adalah salah satu kebutuhan. How I miss it so much...

Untuk mengobati rasa rindu, let me tell you kegiatan ramai-ramai menyenangkan yang baru bisa dibayangkan dan ditulis dulu sebelum nantinya dijalani lagi.

Workshop Block Printing
@tropisid x @seratanstudio

Berbekal kecintaan dalam dunia seni, Desember 2019 lalu saya memberanikan diri untuk belajar hal baru dalam dunia per-tekstil-an. Block Printing.

Modal nekad dan informasi dari Instagram, saya memilih kelas pertama di Minggu siang berlokasi di Ruang48 kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Pesertanya tidak banyak. Dalam satu pertemuan, ada 10 peserta yang masing-masing harus membayar biaya sebesar Rp 200.000,- (sebagai pengganti peralatan dan snack).


Workshop ini dipandu oleh pemilik dari online shop @tropisid dan @seratanstudio. Ada sedikit pengantar mengenai dunia per-tekstil-an. Materi mengenai apa itu block printing. Kalau yang bisa saya simpulkan sedikit, block printing sebenarnya hampir sama dengan menggambar lansung pada objek yang ingin digambar tapi teknik ini menggunakan media block sebagai pengganti kuas dan objeknya (saya lupa namanya tapi bahannya seperti penghapus) dibentuk dengan cara dipahat menggunakan pisau khusus.



Saya dan peserta yang lain, menggambar di media totebag berbahan kanvas. Hasilnya bisa menjadi milik para peserta untuk dibawa pulang. 


Ini sedikit penampakan totebag saya. 

Workshop berlangsung selama dua jam. Sangat bermanfaat dan menambah pengalaman. Apa lagi untuk yang suka dan hobi dengan dunia seni, handcraft dan sejenisnya. Menambah ilmu baru. 

FYI, @seratanstudio sering mengadakan workshop serupa atau jenis lainnya. Bisa dilihat melalui akun Instagramnya. Untuk mengisi waktu luang atau ingin membayar rasa penasaran terhadap dunia-dunia baru yang ingin dipelajari, rasanya workshop bisa jadi pilihan. 

Terakhir, workshop ditutup dengan foto bersama, ngobrol-ngobrol sambil menikmati hidangan di studio @tropisid dan pembagian hadiah untuk karya terbaik! 



Comments

Popular Posts