Sekala : Niskala - A Photo Exhibition

Perjalanan tempo hari ke Bali yang sebagian besar saya isi dengan memperhatikan orang-orang sekitar & mengabadikannya dalam koleksi foto, ternyata membawa saya ke dalam kesempatan baru dalam hidup. 


Fotografi sebenarnya adalah hobi. Tidak pernah saya jadikan sesuatu yang serius. Yang saya lakukan hanyalah menyimpan momen dalam gambar supaya bisa dinikmati satu hari nanti untuk mengulang kenangan di dalamnya. Tapi Semesta itu ajaib. Saya yang amatir ini, dengan kenekatan dan ekspektasi yang bisa dibilang nol, memberanikan diri untuk mengirimkan salah satu foto favorit saya ketika di Bali. 



Saya ingat. Hari itu saya lihat kesempatan untuk mengirimkan hasil foto tentang Sekala : Niskala yang di-breakdown lebih detil mulai dari budaya, kaum marginal dan sebagainya di media sosial. Tidak ada harapan bahwa karya yang saya kirimkan akan diterim dan dipamerkan bersama karya-karya lainnya di The Jakarta International Photo Festival 2021, mengingat banyak orang-orang yang lebih mahir dalam dunia fotografi. Tapi Puji Tuhan, kesempatan itu ternyata datang untuk saya.  

Momen ini jadi pengingat dalam diri sendiri bahwa kadang Tuhan membawa kita lompat dari satu titik ke titik lain untuk keluar dari zona-zona nyaman yang membuat kita terlena. Banyak kesempatan di luar sana. Banyak momen yang bisa membangun diri. Tinggal bagaimana kita membuka mata dan mencoba masuk ke dalamnya untuk menikmati setiap detiknya. 

Comments

Popular Posts