Selamat Ulang Tahun GagasMedia!

Saya hampir tidak mengerti mengapa akhirnya saya memposting tulisan ini. Saya juga tidak paham mengapa saya membeberkan 11 Buku GagasMedia yang Wajib Dibaca setelah setahun yang lalu, saya menuliskan 10 alasan mengapa saya pantas mendapat sepuluh buku pilihan GagasMedia. Dan, saya pun belum bisa mendapatkan alasan yang mutlak.

Ada banyak buku yang sebenarnya disuguhkan GagasMedia untuk pembaca-pembaca di muka bumi ini. Tetapi ada 11 yang akhirnya menurut saya, pantas menjadi rekomendasi dalam mewakili beberapa jenis karya GagasMedia selama 11 tahun ini. 

1. Manusia Setengah Salmon
Novel karya Raditya Dika yang mewakili cerita non fiksi dari GagasMedia. Ceritanya sudah pasti lucu,    mengundang tawa, membuat senyum-senyum sendiri, tetapi tetap mengandung pembelajaran. As always, Raditya Dika menyuguhkan humor menarik dari kehidupannya pribadinya yang sekaligus bisa dimaknai mendalam.


“You can't always get what you want, but, if you try, sometimes you just might find you get what you need .” 

― Raditya Dika, Manusia Setengah Salmon. 
2. Refrain
Novel karya Winna Efendi bergenre romance yang ceritanya SMA banget. You'll get your real highschool love story dan karater kuat dari setiap tokohnya. Di novel ini ada sepasang sahabat yang salah satunya memendam cinta. Kemudian, mereka diperhadapkan pada masa-masa SMA saat cinta akhirnya datang kepada masing-masing. Inilah yang membuat banyak mulut berbicara soal Refrain. Konflik, ciri khas, alur, dan sisi kehidupan yang ada terkisah sangat natural. 


“It's always been you.” 

― Winna Efendi, Refrain.
3. Goodbye Happiness
Ini novel dari Arini Putri. Bercerita tentang kehidupan percintaan yang dibumbui dengan kehidupan di Korea yang cukup galmour. Mungkin, banyak yang bercerita dengan inti yang sama dengan novel ini tetapi pada dasarnya yang menjadi rekomendasi utama adalah emosi yang ditimbulkan. Siapa pun tidak akan menyesal dengan kisahnya.
“Aku tak dapat memulai, saat ada sesuatu yang belum berakhir.”
― Arini Putri, Goodbye Happiness.
4. Sempurna
Novel karya Nonier yang mewakili salah satu novel fiksi GagasMedia. Covernya tidak kalah cantik dengan cover buku yang lain. Isinya pun tidak kalah seru dengan yang lain. Novel ini ingin menyampaikan sebuah kebetulan yang sebenarnya rencana Tuhan. Pertemuan tiba-tiba bisa jadi tanda bertemunya dengan cinta sejati. 
"Sebab mencintaimu tak membutuhkan alasan." 
― Nonier, Sempurna.
5. The Secret Life of Bees
Ini karya dari Sue Monk Kidd. Novel terjemahan dari GagasMedia yang pernah saya jadikan hadiah. Isinya bercerita tentang bagaimana seseorang berdamai dengan dirinya sendiri. Pokoknya, semua serba 'rumah'. Nyaman dan hangat. 
"Jangan menjadi orang yang setengah-setengah dalam hidup, tetapi jalanilah kehidupan itu secara utuh, seolah  kau tidak takut."
― Sue Monk Kidd, The Secret Life of Bees.
6. Magic Box
Kumpulan cerita pendek dari jebolan CCW 2008 ini menjadi kumpulan kisah pertama yang saya baca dari GagasMedia. Mungkin kalau dibandingkan dengan karya yang terbit di tahun-tahun sekarang, kisah yang ditawarkan sangat berbeda. Tetapi cukup menarik untuk dibaca lebih lanjut. Mengingat semua ceritanya ditulis langsung oleh penulis-penulis muda. 
"Pertemuan itu ada supaya perpisahan tercipta."
― Magic Box

7. Dongeng Patah Hati
Novel kumpulan cerita pendek tentang patah hati. Ditulis oleh pemenang-pemenang sayembara Dongeng Patah Hati. Menurut saya, ini baik direkomendasikan untuk penggalau maksimal. Selalu bikin hati remuk. Selalu bikin hati hancur.


“Karena jatuh cinta tak pernah direncanakan…” 

― Robin Wijaya, Dongeng Patah Hati
8. Dia
Novel yang ditulis oleh Nonier ini mangangkat kisah tentang percintaan. Romance yang diangkat perlahan dengan alur, klimaks yang memikat. Sebagai genre romance, novel GagasMedia ini bisa menjadi debut bagus untuk pembaca yang baru.

9. No Volvere
Cerita ini ditulis oleh Ita Sembiring. Isinya tentang rumah yang selalu menjadi tempat untuk pulang. Entah sudah berapa jauh pun kaki-kaki ini melangkah. Dan, di sini, semua terkisah sampai enggan untuk kembali keluar dari rumah.
"Rumah adalah satu-satunya tempat kau bisa melihat lebih dekat rupa cinta itu."
― Ita Sembiring, No Volvere
10. Dongeng Semusim
Domestic drama dari Sefryana Khairil. Novel ini mengisahkan hubungan sumai-istri yang baru menjalani kehidupan rumah tangganya. Banyak konflik nyata yang ditemukan di kisah mereka. Banyak pembelajaran yang selalu bisa diambil.
"Cinta itu punya banyak sisi untuk melihat, karena itu cinta bisa memahami."
― Sefryana Khairil, Dongeng Semusim.

11. Pillow Talks
Novel dari Christian Simamora yang bercerita cinta. Intinya seputar persahabatan yang kemudian berubah menjadi cinta. Christian Simamora membangun cerita dengan detail, menarik, dan sulit dilepaskan. 
“Life too short to spend alone.”
― Christian Simamora

Sudah 11, maka selamat ulang tahun yang ke 11 GagasMedia. Semakin banyak mempublish karya yang hebat dari penulis genius melalui tim luar biasa. Happy birthday!


Comments

Popular Posts