Laut Kita : Sejauh Mata Memandang

Arts brings educational things

Saya mengakui kata-kata itu setelah menginjakkan kaki pada sebuah instalasi seni bertajuk Laut Kita milik Sejauh Mata Memandang. 


Sejauh Mata Memandang (SMM) adalah fashion brand lokal yang cukup dikenal di kalangan masyarakat. Founder-nya berama Chitra Subiyakto. Karyanya mengusung nilai-nilai Indonesia yang dituangkan dalam kelembutan kain dan keunikan motif dalam produk-produk yang dijual. Mulai dari ikat rambut sampai baju. Pun dengan syal-syal-nya yang estetik.

Berada di Plaza Indonesia, Sejauh Mata Memandang membuat sebuah pameran temporer dalam rangka memperingati Hari Bumi dengan mengangkat isu sampah-sampah plastik yang memenuhi 'Laut Kita' di Indonesia. Yang katanya, kalau kita terus memakai plastik, di 2050 laut akan lebih banyak sampahnya dibanding ikan-ikannya.


Ada beberapa bentuk instalasi di Laut Kita : Sejauh Mata Memandang. Pertama, pengunjung akan diajak masuk melalui gantungan-gantungan dari botol plastik yang disusun bersama kain-kain dan menjadi unik. 


Setelah melewatinya, pengunjung akan disuguhkan dengan kumpulan foto-foto yang menarik, lengkap dengan rangkuman penjelasan tentang Laut Kita. Banyak informasi yang akan kita dapatkan. Tentang bagaimana keadaan Laut Kita saat ini karena tumpukan-tumpukan sampah yang menggunung di dalam laut. Yang akan semakin membahayakan ekosistem bahkan bumi kita di masa yang akan datang.

Exhibition selanjutnya adalah ruangan gelap yang penuh dengan sampah botol plastik dalam ikatan-ikatan berbentuk balok dan digantung-gantung. Ada bau-bau sampah di dalam ruangan itu. Mungkin, untuk memberikan kesan realistis yang dibangkitkan bukan hanya dari indra penglihatan saja tetapi juga dari penciuman kita. Di dalam ruangan itu juga, ada layar besar yang memutar Laut Kita.


Yang terakhir, Sejauh Mata Memandang menampilkan himbauan-himbauan untuk menjaga Laut Kita. Lewat tulisan-tulisan dan video dari orang-orang ternama di Indonesia, ajakan untuk mencintai lingkungan dan bumi yang dilakukan Sejauh Mata Memandang menjadi lebih menarik. Bahkan berharap bisa meyadarkan pengunjung yang datang.


Last but not least, karena Sejauh Mata Memandang adalah fashion brand, maka tentu saja diakhir exhibition Laut Kita, produk-produk hasil karyanya diperjual-belikan. Semuanya bagus. Bukan berniat promosi tapi karena memang produknya berkualitas dan ramah lingkungan. You can't find it in another. Saya pun menutup short educational vacation saya dengan membeli salah satu produk Sejauh Mata Memandang sebagai salah satu bentuk cinderamata : tanda pernah berkunjung ke Laut Kita.

So let's save our earth ppl



Comments

Popular Posts