Mencicipi Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto : pengalaman makan lele asap langsung di pawon-nya.


Berada di dalam gang kecil yang sama sekali tidak terbayangkan akan ada sebuah tempat makan nikmat khas Yogyakarta, saya berdecak excited begitu tiba di warung makan Mbah Marto yang langsung dipersilakan masuk ke dalam pawon-nya. Pawon adalah dapur khas Yogyakarta. 

Untuk masuk ke dalamnya, saya melewati lorong tempat peralatan makan disiapkan. Dari sana, aroma masakan Mbah Marto sudah tercium sampai akhirnya saya disambut sajian-sajian lele asap, gudeg, sayur nangka, opor ayam dan tahu, juga garang asem serta makanan lainnya. 


Mbah Marto tidak merombak pawon-nya sama sekali untuk menarik pelanggannya karena pawon-nya yang apa adanya itulah yang justru menjadi daya tarik pelanggan Mbah Marto. Di tempat masak itu, saya dan pelanggan yang lain dipersilakan mengambil piring dan mengisi makanan yang kami inginkan. Setelah itu, barulah kami ke depan untuk makan. 


Selama warung Mbah Marto buka, Mbah Marto akan duduk di pawon-nya sambil mempersiapkan sajiannya. Sungguh unik karena pengalaman makan yang berbeda di samping menu makanannya yang nikmat dan pedas. 


Lele asapnya pedas dan gurih. Cocok dicampur dengan gudeg yang manis dan nasi hangat plus es teh manis. Kisaran harga makanan di Mangut Lele Mbah Marto sekitar Rp 35.000,- (makan dan minum). Untuk pecinta kuliner atau pun ingin mencari titik-titik unik Yogyakarta, Mangut Lele Mbah Marto di daerah Bantul ini bisa jadi pilihan untuk dikunjungi. 




Comments

Popular Posts